3 ALASAN ANAK PERLU BELAJAR CODING

3 ALASAN ANAK PERLU BELAJAR CODING

Perkembangan zaman yang terus bergerak membawa teknologi ikut berkembang ke arah yang semakin maju dan modern. Saat ini, kita telah memasuki era teknologi di mana semua hal telah terintegrasi secara digital. Sehingga menguasai coding dan programming menjadi penting.

Sudah tau apa itu Coding?

Coding atau pemrograman adalah kegiatan menciptakan kode atau program yang dapat dipahami oleh komputer atau perangkat lainnya, sehingga perangkat dapat melakukan tugas-tugas tertentu. Dengan coding, kita dapat membuat berbagai macam aplikasi, website, software, game, hingga yang terkini adalah Artificial Intelligence.

Seperti bahasa Inggris dan Mandarin, coding akan menjadi bahasa di abad ke-21. Tiga juta programmer di Indonesia sampai 2030 akan sangat dibutuhkan untuk memecahkan hambatan besar dalam bidang ekonomi dan digital development. World Bank memprediksi Indonesia membutuhkan sekitar 9 juta lebih talenta digital di tahun 2030.

Melalui gadget seperti smartphone, laptop, komputer, tablet, dan lain sebagainya memberikan kemudahan bagi anak untuk belajar apa saja yang mereka mau, seperti contohnya adalah belajar Koding. Dengan adanya teknologi disekitar kita, penting untuk melengkapi anak Anda dengan keterampilan yang mereka butuhkan. Berikut adalah tiga manfaat dari belajar coding untuk anak Anda:

1. Meningkatkan Prestasi di Sekolah

Belajar coding melibatkan pengembangan keterampilan dalam matematika, presentasi, dan pemikiran logis. Keterampilan ini tidak hanya berlaku untuk melakukan coding, tetapi juga untuk banyak bidang studi lainnya. Matematika adalah komponen penting dalam coding, karena memerlukan banyak pemecahan masalah dan pemikiran logis. Ketika anak-anak belajar coding, mereka juga mengembangkan keterampilan dalam membuat presentasi. Mereka harus memikirkan bagaimana cara mengkomunikasikan ide dan konsep mereka secara efektif, yang merupakan keterampilan berharga dalam banyak bidang studi yang berbeda.

2. Menggunakan Teknologi dengan Positif

Coding sering dikaitkan dengan bermain game, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat game dan proyek lain yang menyenangkan dan edukatif. Dengan belajar coding, anak Anda dapat membuat game dan aplikasi mereka sendiri, serta mengembangkan situs web dan konten digital lainnya. Ini dapat menjadi outlet positif dan kreatif untuk energi dan minat mereka, sambil juga mengembangkan keterampilan berharga.

3. Mengembangkan Skill Masa Depan

Teknologi berkembang dengan cepat, dan coding menjadi keterampilan yang semakin bernilai untuk masa depan. Dengan belajar coding pada usia muda, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk menggunakan dan menciptakan teknologi. Ini dapat membuka peluang kerja dan jalur karir yang menarik di bidang seperti pengembangan perangkat lunak, ilmu data, dan pengembangan web. Dengan memberi anak-anak alat yang mereka butuhkan untuk berhasil di dunia digital, mereka lebih siap untuk masa depan yang cerah dan menjanjikan.

Di Internet, anak-anak bisa mengakses apa pun informasi yang mereka perlukan. Sehingga orang tua seharusnya dapat memberikan pengawasan. Ada banyak informasi yang sulit dipahami oleh anak kecil saat mereka mengakses situs situs tertentu. Disini, orang tua membimbing perihal informasi yang perlu diketahui anak dan tidak saatnya anak tahu mengenai informasi tersebut.

Jadi jika Anda mencari kegiatan baru dan menarik untuk anak-anak Anda, pertimbangkan untuk memperkenalkan mereka pada dunia pemrograman dengan Koding Next, sekolah coding terbesar di Asia Tenggara.

Koding Next ×