Belajar Koding Menyenangkan? Hanya Ada di Koding Next!

Belajar Koding Menyenangkan? Hanya Ada di Koding Next!

Mengikuti setiap pertemuan pembelajaran koding memang tidak ada habisnya. Apalagi jika menyangkut mengenai perkembangan dunia digital, akan selalu muncul pembahasannya setiap saat.

Jika menyangkut koding, sudah pasti berisi tentang hal yang harus dipelajari betul betul. Hal ini tentu akan membuat anak-anak bosan. Mungkin, Smart Parents pernah berpikir, apa ada jalan untuk mengajari anak koding dengan mudah serta menyenangkan?

Jangan khawatir! Melalui artikel ini, Koding Next akan mengajarkan para Smart Parents tips-tips mudah dalam mendidik anak supaya mengerti mengenai pelajaran koding.

Apa sajakah tips-tipsnya? Yuk, catat poin-poin yang sudah kami rangkum berikut ini:

1. Ajarkan Analogi Koding Kepada Anak

Smart Parents perlu catat, bahwa semua ilmu atau pelajaran yang pertama diketahui adalah dasarnya dahulu. Ajarkan dari yang paling mudah, yaitu analogi. Tentu analogi juga merupakan hal yang agak sulit dipahami oleh anak-anak. Oleh karena itu, Smart Parents harus bisa menjelaskannya dengan bahasa yang lebih simple.

Misalnya, jika si anak bertanya “Koding itu apa sih bu, dan cara kerjanya gimana?”, Smart Parents bisa jelaskan seperti ini:

Sang professor mempunyai sebuah robot, robot itu akan ia gunakan untuk membantunya mengerjakan pekerjaannya. Suatu ketika, si professor menyuruh robot tersebut untuk mengambil barang di atas lemari. Ia tidak mengatakan “hei robot, tolong ambilkan barang di atas lemari itu”. Tetapi ia mengetik sebuah kata berisi perintah “tolong ambilkan barang di atas lemari” di layar komputer. Sama seperti itu, dalam koding, kita juga menuliskan sesuatu di layar komputer agar kita dapat mengakses sesuatu yang kita inginkan.

2. Bangun Minat Anak Anda Tentang Dunia Pemrograman

Segala sesuatu pasti berjalan dengan diiringi minat, tanpanya, semua akan berjalan berantakan. Hal itu bisa terjadi karena sesuatu yang baik harus diiringi niat yang baik.

Hal tersebut berlaku juga saat mengajarkan anak Anda dalam koding. Menangkap perhatian anak anak terhadap dunia pemrograman sangat penting dalam mengajarkan anak Anda untuk mengenal dan bisa meng-koding suatu program. 

Ajari mereka agar mau mengenal lebih dalam tentang programming. Kami beri contoh; Di masa sekarang, game online sudah menjadi kegemaran anak-anak dalam bermain. Di dalam game yang mereka mainkan, terdapat sebuah program untuk menjalankannya. Jika tidak ada program tersebut, maka game tidak bisa berjalan.

Tentu anak-anak ingin bermain game, siapa yang tidak suka bermain game, bukan?. Jika ingin ada game terbaru, maka harus ada orang yang membuatnya. Salah satu orang tersebut adalah programmer.

Tugas programmer adalah memastikan semua program dalam game berjalan dengan lancar. Beritahukan mereka tentang itu. Setelah itu, beritahukan juga  bahwa seorang programmer juga merupakan pekerjaan mulia seperti pilot, dokter, atau tentara. Beritahukan juga tanpa adanya programmer, maka game yang kalian mainkan tidak akan pernah ada.

Setelah mendengar hal tersebut, anak Anda pasti akan mengenal lebih jauh mengenai tugas seorang programmer, dan dunia pemrograman tentunya.

3. Ajari Anak Beberapa Bahasa Pemrograman

Agar anak Anda cepat belajar koding, cara yang harus  diingat adalah dengan menguasai dasar-dasar ilmu pemrograman dengan sangat baik.

Lalu, apa sih yang menjadi dasar-dasar ilmu pemrograman?. Tentunya Smart Parents bisa mengenalkan berbagai macam bahasa pemrograman yang populer dahulu. Misalnya seperti HTML, Python, Javascript, dan lain lain.

Semua bahasa pemrograman tersebut mudah dipelajari oleh Smart Parents dan merupakan dasar yang cocok dan dimengerti oleh semua kalangan jika ingin belajar ilmu pemrograman. Nantinya dari sini, Smart Parents bisa membimbing anak Anda ke level berikutnya dalam belajar ilmu koding.

Pastikan anak-anak Anda memahami dasar dasar dari bahasa pemrograman tersebut. Setelah yakin sudah benar-benar lancar logika-logika dasarnya, baru mulailah belajar hal yang lebih kompleks.

Teori ini mirip seperti kita mengajarkan anak-anak mengenai matematika. Mula-mula kita ajarkan dari penjumlahan dan pengurangan, baru lanjut ke perkalian dan pembagian, dan begitu seterusnya.

Sama seperti dunia manusia, komputer juga memiliki bahasa yang berbeda untuk berkomunikasi. Manusia mempelajari satu atau lebih bahasa, dan sama halnya, mereka juga mempelajari satu atau lebih bahasa komputer.

Cara kita berbicara dengan orang yang berbeda dalam bahasa yang berbeda, kita berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa yang mereka mengerti.

Saat mengajarkan dasar-dasar koding kepada anak-anak, jelaskan hal diatas, niscaya anak Anda akan mengerti.

4. Jangan Paksakan Diri Anda dan Anak Anda

Dalam belajar koding, semua butuh proses. Sama seperti anak bersekolah, ada tahap tahap yang harus dilewati dan itu semua membutuhkan waktu. Jadi, sebagai Smart Parents yang bijak, jangan paksakan anak Anda dalam belajar koding ya!. 

Bimbing mereka secara perlahan, terburu-buru tidak akan membuahkan hasil. Sebaliknya, segala sesuatu yang dipersiapkan secara matang dan perlahan, akan membuahkan hasil yang maksimal. 

Jika Smart Parents ingin anak Anda menjadi Future Koders, selalu bimbing anak Anda jika kesulitan, bantu apa yang bisa Anda bantu.

Untuk memudahkan tugas Anda sebagai Smart Parents dalam mendidik anak, kami, Koding Next hadir untuk mencetak Future Koders Indonesia. Di sini, anak Anda akan mendapatkan pelatihan koding terbaik dengan kurikulum digital terbaru yang disusun oleh para ahli.

Koding Next sampai saat ini sudah memiliki 8000 lebih murid aktif dan akan terus bertambah lagi jika Anda mendaftarkan anak Anda bergabung dengan kami.

Jadi, Ayo daftar sekarang juga! Jadikan anak Anda menjadi programmer professional bersama Koding Next!

Koding Next ×