fbpx
Articles

Learn Today, Lead Tomorrow

Oleh 24/08/2020 No Comments

Era telah berubah menjadi serba digital dan diiringi dengan kecanggihan teknologi yang sudah menjadi integral dalam hidup kita. Jika Koding Next tanya, apa yang biasanya tersirat dalam pikiran kalian ketika mendengar kata ‘pemrograman’, ‘programmer’, dan ‘developer’? Kalau kalian berada pada 10 tahun yang lalu, pasti kata tersebut terkait dengan teknologi yang canggih, dikendalikan oleh orang yang sangat pintar, memiliki gaji yang besar, mengayom pendidikan S1 IT yang mahal, kepribadian yang misterius, selalu sibuk, dan membawa laptop kemanapun mereka pergi. Jika disesuaikan pada era ini, kesan pertama yang tersirat dalam kata “pemograman” agak mirip – namun, perbedaannya hanya akses belajar yang jauh lebih mudah didapatkan, waktu belajar yang dapat disesuaikan dengan para peserta, namun tetap dengan biaya belajar yang jauh lebih murah ketimbang kuliah 4 tahun!

Selain itu, hal yang lebih menariknya lagi, belajar pemrograman tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi bisa untuk anak-anak. Akses belajar teknologi telah tersedia sangat luas untuk setiap orang, terlepas dari umur mereka. Ingin anak Anda yang berumur 4-8 tahun untuk belajar pemrograman? Bisa. Lalu bagaimana untuk umur 8-16 tahun? Bisa juga! Dan untuk remaja dan dewasa yang ingin belajar pemrograman lebih dalam? Sangat bisa! Belajar pemrograman sejak dini memberikan nilai lebih dalam hard skills dan soft skills mereka, lho! Selain mempertajam kognitif mereka, pemrograman dapat mengajarkan cara berkomunikasi yang lebih baik, kerjasama tim, rajin dan disiplin, pemikiran yang lebih kritis, dan pemecahan masalah yang jauh lebih baik. Kami tidak hanya memprovokasikan manfaat belajar pemrograman untuk setiap orang, terutama anak-anak dan remaja, tetapi juga manfaat yang didapatkan di masa depan. Jika kamu familiar dengan Microsoft, Tesla, eCommerce terbesar seperti Amazon, dan platform sosial media seperti Facebook, apa kamu tahu bahwa persamaan dari founder masing-masing perusahaan tersebut adalah mereka sama-sama belajar pemrograman semenjak SD. Bayangkan Koders, semenjak SD sudah ditanamkan pupuk untuk masa depan yang lebih baik dengan pemrograman dan ketika dewasa, mereka adalah bagian dari orang-orang terkaya di dunia! Sungguh menakjubkan!

Mari kita kutip kalimat dari salah satu Programmer Swift yang berumur 12 tahun, di bawah ini:

“I really love how after you’ve worked really hard on a project, you see that it just works,” Jacob Prohaska – 12year old Swift Coder.

Jika kamu ingin menjadi salah satu orang yang hebat dan memberikan dampak positif di dunia, kamu bisa memulai langkah simple seperti belajar pemrograman agar membuka pintu kesempatan yang lebih besar di kemudian hari. Belajar sekarang untuk menjadi pemimpin di masa depan!

Jadilah the next Bill Gates, Elon Musk, Jeff Bezos atau Mark Zuckerberg di masa depan! Ingat, tidak ada kata ‘terlambat’ untuk belajar! 

Leave a Reply