Coding dan Kesabaran

Coding dan Kesabaran

Coding dan Kesabaran adalah salah satu karakteristik terpenting dari orang-orang yang berprestasi. Kesabaran yang tidak hanya dimiliki oleh banyak anak muda. Kita hidup di era ‘serba instan’. 

Kita tidak perlu menunggu acara favorit kita ditayangkan seminggu sekali di TV. Kita tinggal login ke akun Netflix, Amazon Prime, Disney+ dan langsung bisa kita tonton. Kita tidak perlu menunggu untuk mendengar dari orang yang kita cintai karena kita dapat mengirim pesan kepada mereka segera. Di Whatsapp, Signal, FB messenger dan snapchat.

Penemuan paling terkenal, terobosan ilmiah yang datang setelah bertahun-tahun adalah bekerja dengan sabar. Thomas Edison melakukan sekitar 1000 percobaan yang gagal sebelum akhirnya berhasil menemukan bola lampu. Bayangkan itu. Seribu percobaan gagal sebelum akhirnya berhasil.

Ilmuwan hebat lainnya, seperti Maria Sklodowska-Curie, Albert Einstein, Nicola Tesla serta pengusaha seperti Jack Ma, Elon Musk dan Steve Jobs juga membuktikan bahwa kesabaran di tempat kerja adalah salah satu keterampilan paling kuat yang dimiliki manusia.

Lalu bagaimana cara mengajari diri sendiri atau anak Anda kesabaran?

Jawabannya adalah ‘belajar coding’. Mengetik baris kode, menemukan kesalahan, mengalami kegagalan dan kemenangan adalah guru dari kesabaran yang hebat. Bahkan baris kecil kode yang ditulis dengan salah akan membuat software yang berjalan menjadi tidak berfungsi. Coder harus mencari kesalahan, mencoba memperbaikinya dan mencoba lagi. Dan lagi. Dan lagi. 

Akhirnya, kesabaran akan dihargai dengan kode kerja.

Belajar coding selain meningkatkan logika, konsentrasi, dan kerja tim juga akan melatih kesabaran Anda. Keterampilan yang sangat penting untuk berhasil di abad ke-21.

Koding Next Kemayoran
Koding Next ×