fbpx
Articles

Tanamkan Karakteristik Orang Sukses pada Si Kecil!

By 07/07/2021 No Comments

Kesabaran adalah kunci terpenting menjadi sukses, yang sudah banyak dibuktikan oleh orang-orang hebat, berprestasi, dan terkenal. Tapi kunci terpenting ini banyak dilupakan oleh kaum muda karena kebiasaan yang semuanya ingin serba cepat dan melupakan proses-proses penting, demi hasil instan.

Salah satu contohnya dapat kita lihat dari gaya hidup kaum muda sehari-hari yang tidak pernah menunggu tontonan favorit kita tayang di TV seminggu sekali. Kita dengan mudah dapat membuat akun dan registrasi Netflix, Amazon Prime, Disney+ Hotstar, atau Mola.TV untuk menonton show favorit kita secara instan. Contoh lain bisa diambil dari sisi kita berkomunikasi dengan orang yang kita cintai. Kalau zaman dahulu, orangtua kita harus menunggu kapan pasangan atau orang tercinta mereka menelpon. Kalau sekarang? Kita dengan mudah dapat menghubungi orang-orang terkasih kita melalui WhatsApp, Signal, Facebook Messenger, dan Snapchat. Kita, homo sapiens, kehilangan fokus dan secara tidak langsung kehilangan kesabaran terus menerus. 

Penemuan paling inovatif dan terkenal adalah terobosan ilmiah yang datang setelah bertahun-tahun bekerja dengan sabar. Thomas Edison melakukan sekitar 1000 percobaan yang gagal sebelum akhirnya berhasil menemukan lampu! Koders, coba kamu bayangkan jika Thomas Edison menyerah ketika percobaan ke 500 atau ke 999. Tidak tahu apa jadinya dunia ini tanpa lampu yang menyinari malam. 

Ilmuwan hebat lainnya, seperti Maria Sklodowska-Curie, Albert Einstein, Nicola Tesla, serta pengusaha seperti Jack Ma, Elon Musk dan Steve Jobs juga membuktikan bahwa kesabaran di tempat kerja adalah salah satu keterampilan paling kuat yang dimiliki manusia.

Jadi bagaimana cara mengajari diri sendiri atau si kecil tentang kesabaran?

Jawabannya adalah ‘belajar coding’. Mengetik code baris demi baris, menemukan kesalahan, mengalami kegagalan, dan akhirnya mendapatkan kemenangan adalah guru kesabaran yang mutakhir. Bahkan jika satu atau dua baris kode yang salah akan membuat software tidak berfungsi sama sekali. Seorang Coder/Programmer harus mencari kesalahan, mencoba memperbaikinya dan coba lagi, dan lagi, dan lagi. Akhirnya, kesabaran akan membuahkan coding yang bekerja dengan baik!

Belajar coding selain meningkatkan logika, konsentrasi, dan kolaborasi dengan tim, juga akan melatih kesabaran kamu dan si kecil. Ingat Smart Parents dan Koders, kesabaran adalah kunci yang sangat penting untuk berhasil di abad ke-21!

Leave a Reply