Koding Next x STEMI: Introducing Parents to Prepare Their Child for the World of AI

Koding Next x STEMI: Introducing Parents to Prepare Their Child for the World of AI

Apa itu AI?

Kecerdasan Buatan (AI) adalah ketika komputer dibuat untuk berpikir dan belajar seperti manusia. Hal ini memungkinkan mereka melakukan hal-hal cerdas, seperti mengenali gambar, berbicara dengan kita, dan mengambil keputusan.

Manfaat AI sangat banyak. AI dapat mengotomatisasi tugas-tugas yang berulang, meningkatkan efisiensi, meningkatkan pengambilan keputusan, menghadirkan pengalaman yang personal, serta berkontribusi pada kemajuan di berbagai bidang seperti kesehatan, transportasi, dan komunikasi.

Selain itu, AI memiliki potensi untuk memecahkan masalah-masalah kompleks, mendorong inovasi, dan menciptakan peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial.

Namun, di balik manfaatnya yang banyak, AI dapat memiliki dampak yang signifikan pada anak-anak dengan mendorong berpikir kritis, keterampilan pemecahan masalah, dan kreativitas. AI juga dapat memperkenalkan mereka pada teknologi yang sedang berkembang, mempersiapkan mereka untuk pasar kerja di masa depan, serta memberdayakan mereka untuk menjadi peserta aktif dalam dunia yang didorong oleh AI.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk melengkapi anak-anak mereka dengan keterampilan yang diperlukan untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi dunia AI.

Webinar dengan lebih dari 300 peserta

Sebagai bagian dari misi Koding Next untuk menyediakan pendidikan terbaik bagi anak-anak Indonesia, mereka juga menawarkan pendidikan kepada orang tua untuk mendampingi perkembangan anak-anak mereka secara efektif. Salah satu topik pendidikan ini adalah AI.

Webinar ini diselenggarakan pada tanggal 1 Juli 2023 dan dihadiri oleh orang tua dan pendidik dari seluruh Indonesia. Yang menarik, pembicara utama untuk webinar ini adalah Marin Troselj, CEO & Co-Founder dari STEMI, sebuah lembaga yang mengembangkan kurikulum pemrograman untuk banyak negara di seluruh dunia. Selain itu, diskusi dipandu oleh Abdallah Sadurdeen, Kepala Kurikulum di Koding Next, yang mengarah pada diskusi mendalam dan pertanyaan yang memancing pemikiran.

Kelas AI Chatbot Pertama di Indonesia

Koding Next, bekerja sama dengan STEMI, meluncurkan kelas AI Chatbot pertama di Indonesia untuk siswa berusia 12-16 tahun. Siswa akan belajar tentang teknologi terkini dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi baru. Koding Next adalah yang pertama menawarkan kelas AI yang khusus dirancang untuk anak-anak.

Dengan memperkenalkan AI kepada anak-anak sejak usia dini, Koding Next dan STEMI bertujuan untuk membantu memupuk minat dan pemahaman mereka dalam bidang yang terus berkembang pesat ini. Kelas AI Chatbot memberdayakan siswa untuk menjelajahi teknologi AI, mempelajari keterampilan pemrograman, dan mengeluarkan kreativitas mereka dengan membangun chatbot mereka sendiri.

Melalui upaya kolaboratif ini, Koding Next dan STEMI membuka jalan bagi generasi mendatang untuk menguasai AI dan membekali mereka dengan keterampilan berharga untuk masa depan. Dengan bimbingan dan dukungan orang tua, anak-anak dapat dengan percaya diri menjelajahi dunia AI dan memanfaatkan potensinya untuk memecahkan masalah kompleks, berkontribusi pada masyarakat, dan mendorong inovasi.

Sebagai kesimpulan, kemitraan antara Koding Next dan STEMI merupakan langkah penting dalam mempersiapkan anak-anak Indonesia menghadapi dunia AI. Dengan menyediakan pendidikan kepada orang tua dan siswa, mereka memastikan pendekatan yang holistik dalam literasi AI, memungkinkan anak-anak untuk merangkul dan berkembang di dunia yang semakin dipengaruhi oleh AI.

Koding Next ×