top of page
Gambar penulisGeorgia Carmaylita Yosephine

Bagaimana Cara Belajar Coding Untuk Pemula? Berikut Cara dan Tipsnya | Koding Next Indonesia

Sebelum memulai belajar coding, sangat penting untuk mempelajari coding secara mendasar. Bagaimana cara belajar coding untuk pemula? Berikut penjelasannya.

Definisi coding sendiri merupakan penerjemahan ide yang dimiliki menjadi sebuah perintah untuk komputer dan kemudian komputer akan melakukan apa yang programmer perintahkan. Semua bentuk perintah yang dijalankan oleh komputer atau ponsel pintar membutuhkan sesuatu berupa pengkodean. Termasuk dalam proses membangun web, game,aplikasi web, aplikasi seluler, dan kecerdasan buatan.

Dengan mempelajari coding dapat melatih daya pikir secara logika dalam hal membangun suatu algoritma dan memecahkan masalah di sebuah program agar dapat berjalan dengan seharusnya. Berikut cara mudah belajar coding.

Bagaimana Cara Belajar Coding Untuk Pemula?

Mempelajari coding sekarang dapat dilakukan dengan mudah asalkan dengan niat yang sungguh-sungguh. Mempelajarinya bisa dilakukan dengan berbagai cara berikut.

1. Otodidak

Dasar dari ilmu coding bisa dipelajari secara otodidak dengan membaca buku yang membahas mengenai coding atau dari platform video yang ada di internet. Dengan itu anda dapat mempelajari dasar-dasar mengenai coding serta tutorial coding untuk pemula yang kemudian bisa di implementasikan sebagai langkah awal dalam belajar coding.

2. Melalui Forum

Banyak forum atau komunitas IT yang tersedia di internet yang membahas mengenai perkembangan dunia teknologi. Anda dapat bergabung dengan forum-forum tersebut untuk bisa berdiskusi dengan para programmer senior dan mempelajari coding. Anda juga bisa meminta saran dari mereka sekaligus menambah wawasan dalam belajar coding.

3. Melakukan Kursus

Kursus dalam mempelajari coding dapat berupa kursus online maupun kursus online tergantung bagaimana kenyamanan anda dalam memilih metode belajar.

Sekarang tersedia banyak website yang menyediakan kursus online di bidang pembelajaran coding. Baik itu kursus berupa pengembangan aplikasi desktop, website, android, iOS dan lainnya. Sedangkan kursus secara offline dapat dilakukan dengan mengikuti program kursus atau pelatihan dengan materi yang sudah tersusun demi kebutuhan industri.

4. Melalui Website

Anda juga bisa mencoba memasuki situs belajar coding gratis untuk mendapatkan materi pembelajaran dalam cara membuat program. Sudah banyak website yang membahas mengenai cara belajar coding untuk pemula. Carilah website yang menjelaskan secara sederhana dan mudah dipahami sehingga memudahkan anda dalam mempelajarinya serta menjawab pertanyaan anda mengenai bagaimana cara belajar coding untuk pemula.

Tips Belajar Coding

Demi keberhasilan dalam mempelajari coding, apalagi sebagai pemula yang baru mamulai kegiatan sebagai pemrogramer, berikut terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memudahkan anda dalam mempelajari coding sebagai seorang pemula.

Kuasai Konsep Dasar Coding

Pahami dulu bagaimana konsep coding bekerja. Konsep dasar coding terbagi mmenjadi lima fase yaitu

  1. Originating : pengumpulan data

  2. Input : memasukkan data ke perangkat

  3. Process : perhitungan, pengurutan, dan pengelompokan data

  4. Output : program yang sudah di proses akan muncul dalam bentuk data

  5. Distribution : berdasarkan data yang dihasilkan kemudian informasi disebarkan

Memperbanyak Referensi

Sangat banyak cara yang dapat anda lakukan ketika memulai belajar coding, seperti membaca beberapa referensi menyesuaikan dengan kenyamanan anda dalam belajar. Berbagai blog, buku, channel youtube bahkan ada sebuah game mengenai coding akan bisa menjadikan anda memahami coding dengan cepat.

Fokus Pada Satu Bahasa Pemrograman

Untuk dapat memahami coding dengan cepat, umumnya seorang programmer terlebih dahulu fokus pada satu bahasa pemrograman untuk ia dikuasai.

Belajar beberapa bahasa pemrograman dalam satu waktu sekaligus justru dapat membuat mudah lelah. Mengingat belajar banyak ilmu sekaligus dalam satu waktu dapat menguras tenaga.

Ketika sudah cukup menguasai salah satu bahasa pemrograman, biasanya untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya akan lebih mudah karena sudah menguasai secara logik dari alur pemrograman.

Mencoba Membuat Program Sederhana

Ketika sudah memahami berbagai teori dan referensi mengenai coding. Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah anda bisa mencoba membuat sebuah program sederhana terlebih dahulu. Terdapat banyak sekali contoh program sederhana yang relate dengan kehidupan sehari-hari dan dapat dijadikan sebuah percobaan.

Ketika anda sudah berhasil membuat sebuah program sederhana, maka rasa penasaran akan semakin tumbuh dan mereasa semakin terpacu untuk dapat memecahkan atau bahkan membuat program dengan level kesulitan yang lebih tinggi lagi.

Latihan yang Konsisten

Salah satu cara yang paling baik untuk mengasah keterampilan atau membuat sesuatu hal menjadi lebih baik adalah dengan cara konsisten atau berlatih tanpa henti. Hal ini harus didasari oleh niat yang sungguh-sungguh untuk dapat menguasai suatu hal.

Semakin sering berlatih dengan konsisten, maka akan membentuk sebuah pola pikir dan yang lebih baik. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan seorang programmer dalam mempelajari sebuah coding.

Perlu diperhatikan bahwa sangat penting untuk memahami dan mempelajari ilmu coding. Perkembangan digitalisasi yang terus meningkat dan berkembang pesat di zaman sekarang, ilmu coding akan terus menerus relevan.

Belajar coding bisa jadi pertimbangan bagi anda yang tertarik dalam bidang teknologi. Mempelajari bahasa-bahasa pemrograman dasar dapat dilakukan guna memanfaatkan waktu luang di rumah sehingga lebih bermanfaat. Bagaimana belajar coding untuk pemula secara sederhana dan mudah, ternyata dapat dilakukan. Dengan belajar coding, anda akan mendapat kepuasan tersendiri menjadi bisa membuat website atau aplikasi dari awal.

5 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua

Comments


bottom of page